RK Tugas 2 - RE Process


Analisa perangkat lunak yang gagal.

Anggota Kelompok

05111740000052 Anggar Wahyu Nur Wibowo
05111740000116 Fadhil Musaad Al Giffary

PepperTap

PepperTap menyediakan platform belanja online di India yang menjawab kebutuhan pelanggan untuk membeli bahan makanan dari pasar lokal dengan mengirimkan barang ke depan pintu mereka. Ini menargetkan pembeli dari berbagai kelompok kota, dibagi menjadi tiga tingkatan. Layanan ini membantu dalam memecahkan masalah antrian panjang di pasar, ruang parkir terbatas dan perantara manipulatif. Grofers, pesaing utama mereka, hanya berfokus pada kota-kota besar untuk mengurangi biaya manajemen. Pesaing kuat mereka yang lain adalah BigBasket yang mengelola inventarisnya sendiri dan beroperasi sebagai grosir besar, sementara PepperTap memperoleh persediaan mereka dari pemasok lokal.

Kelemahan Software

Penyebab kegagalan utama dalam sektor ini adalah asumsi dalam menjalankan bisnis di mana, mereka harus menyediakan layanan yang murah. Oleh karena itu bisnis ini mulai mengadakan diskon dan promo yang besar di mana hal tersebut tidak sesuai dengan kekuatan finansial PepperTap.
Pendiri dari produk ini juga mengungkapkan bahwa India belum siap untuk jenis layanan seperti ini pada masanya. Ongkos kirim juga dinilai terlalu tinggi untuk dapat dijangkau ke lapisan masyarakat tertentu.

RE Process Input

Existing System Information

Dalam sistem informasi ini, pengguna dapat memesan barang yang dibutuhkan secara daring. Peppertap menyediakan berbagai pilihan barang lengkap terbagi ke kategori-kategorinya hingga harganya. Selain itu pengguna bisa menentukan kapan barang tersebut akan diantar, yang bisa dipilih dengan rentang waktu masing-masing sebanyak dua jam. Pengguna juga bisa melacak pesanan yang ada, di mana status terbagi menjadi Packed, Delivering, dan Delivered.

Stakeholder Needs

Pengguna membutuhkan aplikasi yang digunakan untuk melakukan pemesanan bahan belanjaan yang dapat dilakukan secara daring.

Organisational Standard

 

Regulation Dose

  • Aplikasi dapat dijalankan di negara India
  • Aplikasi dapat digunakan oleh pengguna gawai Android dan iOS.

Domain Information

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini